Pengenalan Hardware


Komputer adalah pemroses informasi atau sistem pengolah informasi. Hardware atau perangkat keras dalam komputer biasanya terdiri dari beberapa bagian, yaitu sebagai berikut:

Input
Input dapat berupa keyboard, mouse, joystick, scanner.

CPU
Terbagi atas Processor, RAM, ROM, Motherboard.

Output
Berupa monitor, speaker, printer, pyoyektor.

Memori
Memori penyimpanan dapat berupa disket, hardisk, atau compac disk.

Komputer dalam mengolah masukan, memproses masukan dan menghasilkan pengeluaran memerlukan berbagai perangkat. Untuk memasukkan data diperlukan perangkat input, untuk memproses data diperlukan processor, dan untuk menghasilkan keluaran diperlukan perangkat output.

Elemen Sistem Komputer
Sebuah mesin komputer tidak akan bisa bekerja dengan sendirinya, mesin tersebut berkeja akibat adanya sistem. Sistem itu terdiri dari:

1.Brainware (manusia)
Manusia adalah elemen sistem dari komputer, manusia yang merancang bagaimana suatu sistem dalam mesin dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

2.Software (perangkat lunak)
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data dapat berupa program atau instruksi yang dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Software mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer. Logika disusun dan diolah melalui perangkat lunak yang disebut program, juga beserta data-data yang dia olah.

3.Hardware (perangkat keras)
Merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan kita sentuh secara fisik, seperti perangkat masukan, pemrosesan dan perangkat keluaran. Perangkat-perangkat ini dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut instruction set. Sehingga dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin. Perintah ini akan dimengerti oleh mesin sehingga mesin dapat bekerja sesuai dengan perintah yang ada.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2012 ILMUKU: Pengenalan Hardware Template by Bamz Templates