Mainboard dan Perawatannya

Secara mudah bisa dikatakan bahwa jika kita hanya menggunakan computer untuk program-program ringan (standar) maka keberadaan jenis mainboard tidaklah teralu berbeda. Kita gunakan mainboard apapun akan terasa sama saja (dengan spesifikasi processor yang sama). Setiap mainboard memiliki berbagai kelebihan tertentu, tapi jika kita jeli biasanya mainboard dengan harga relative lebih mahal tentu akan mempunyai performa yang lebih bagus. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan chipset dan desain pada PCB nya.

Selain itu setiap mainboard memiliki perbedaan dalam kualitas komponen di dalamnya sehingga tentu akan memberi pengaruh besarnya ketahanan mainboard terhadap pengaruh kelistrikan atau suhu. Mainboard dengan kualitas baik akan lebih memiliki ketahanan terhadap pengaruh suhu atau kelistrikan. Jadi saya sarankan lebih baik lebih mahal tapi awet daripada murah tapi setelah garansi habis umur mainboard pun ikut habis… OK!!!

Bagaimana merawat mainboard?
Kerusakan mainboard biasanya karena pengaruh kelistrikan, jika mainboard tidak memiliki ketahanan baik maka perubahan tegangan listrik atau listrik yang mati mendadak… tu kan…

Ada beberapa trik agar mainboard menjadi lebih aman dan awet:

Jaga kebersihan mainboard dari debu.
Jika mainboard kotor dan kemudian lembab, maka akan menyebabkan korslet, ya tentunya mainboard jadi rusak kan.

Gunakan UPS
Dimaksudkan agar saat terjadi pemadaman mendadak computer tidak langsung mati, jadi lebih awet kan kalau tidak mati mendadak. Karena mati mendadak selain merusak mainboard tentu akan merusak komponen lain.

Gunakan stabilizer
Stabilizer digunakan agar tegangan yang masuk dapat stabil, jadi supply listrik tidak berubah-berubah. Tegangan listrik yang berubah-ubah akan merusak peralatan listrik.

Bersihkan slot-slot pada mainboard agar terhindar dari korslet.

Perhatikan jangan sampai ada benda asing yang menempel di mainboard agar tidak menyebabkan korslet saat dihidupkan.

Rawatlah kebersihan kipas, agar proses pendinginan serta pelepasan panas dapat berjalan dengan baik.

Jangan biarkan computer tidak menyala untuk waktu lama (paling tidak 3-4 kali seminggu), karena ketika dinyalakan akan menyebabkan krusakan akibat lembab pada mainboard.

Selamat mencoba, semoga PC kita memiliki performa yang baik dan dapat digunakan dengan optimal.

◄ Posting Baru Posting Lama ►