Pilih Modem CDMA ataukah GSM

Warnet mulai sepi, para penggunanya semakin lama semakin berkurang karena munculnya modem. Disadari atau tidak kejadian ini semakin lama akan berbalik arah. Dulu warnet memperoleh pendapatan berlebih, sekarang jasa pelayanan provider seluler yang menuai banyak untung. Kebanyakan orang memang memilih yang lebih praktis, tanpa harus pergi kewarnet, hanya dirumah saja, dengan tariff yang jauh lebih murah. Beberapa layanan menyediakan paket-paket internetan yang menggiurkan, sekitar Rp. 2.000 perhari. Wow… dibandingkan dengan ke warnet??? Hmmm….

Beberapa waktu yang lalu modem belum terlalu digandrungi karena masih terlalu mahal, bahkan paketannya pun masih tergolong mahal. Tapi sekarang banyak paket-pakt penawaran yang sangat murah. Dari yang Rp. 35.000 perbulan, atau sekitar Rp. 50.000 perbulan, ada juga yang Rp. 100.000 perbulan. Artinya pengguna jasa provider bias memilih mana yang disukai disesuaikan dengan kocek yang ada. Modem yang banyak beredar sekarang ada dua tipe yaitu untuk operator GSM dan untuk CDMA. Semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Munculnya berbagai jenis modem baik GSM ataupun CDMA bertipe USB yang ketika dicolok langsung terinstall sendiri drivernya memang sangat mempermudah bagi penggunanya. Nah sekarang kalau kita mau pakai trus pilih yang mana? Yang GSM atau CDMA??? He… malah bengong…. Saya tidak akan merekomendasikan anda mmebeli yang mana, he… dikirain mau promosi ntar…..

Kita lihat sisi masing-masing jenis aja. Untuk pilihan pertama silakan sesuaikan dengan kondisi tempat dulu, di daerah kita yang bagus sinyalnya apa, GSM apa, CDMA apa. Setelah itu lihat tarifnya berasarkan sinyal terkuat dulu, untuk GSM berapa untuk CDMA berapa, cie…. Kayak penjual…. Setelah itu lihat kocek, cukupnya untuk beli yang modem GSM atau CDMA? thuing-thuing… malah bingung kan?

Kalau menurut saya, sebagian besar provider GSM memiliki tarif yang lebih mahal dibanding dengan CDMA, tapi memang harga modem biasanya lebih murah GSM dibanding dengan modem CDMA. Dah jelasnya gini aja, malah muter-muter gak karuan. Kalau GSM harga modem lebih murah tapi tarif internet biasanya lebih mahal, sedangkan CDMA harga modem lebih mahal dikit tetapi tarif internet lebih murah. Selamat mencoba.
◄ Posting Baru Posting Lama ►