IDE/SATA-RAM Critical Error

Kesekian kali menemukan kejanggalan pada beberapa komputer, dari 3 komputer yang saya lihat kemarin ternyata menemukan beberapa kesamaan. Kesamaan itu di antaranya seluruh file atau sebagian file hidden, dan anehnya bukan semua hidden sistem seperti yang terjadi akibat virus-virus sebelumnya. Kadang satu drive hidden semua, dan bisa di unhide dengan melalui klik kanan properties, tapi memang sebagian hidden sistem, sehingga harus menggunakan program atau bisa menggunakan jasa smadav untuk melakukan unhide. Sebenarnya pada beberapa kasus komputer masih normal, hanya kadang-kadang folder tiba-tiba hilang (hidden). Dan beberapa kasus sampai semua program hilang, bahkan lewat start program pada Windows XP benar-benar gak ada (empty).

Bagaimana solusinya? Untuk kasus yang belum begitu parah masih mudah diatasi, tapi untuk kasus sampai muncul tulisan IDE/Sata critical error, atau bahkan kadang RAM critical error saya agak ribet, dan gak mau repot-repot saya restore aja back up an yang ada. Ketika IDE/Sata atau RAM sudah error ternya masih bisa masuk windows, bisa explore normal, tapi desktop sudah terkunci sehingga hanya bisa menggunakan tombol-tombol pintas dari keyboard. Kalau sudah terjadi demikian alamat akan lama jika harus di otak-atik, padahal udah keburu dipakai yang punya, he…

Bagi temen-temen yang mengalami hal serupa mungkin bisa kita saling sharing, sebenarnya virus jenis apakah yang menyerang, sepertinya memang jenis ini masuk ke sistem memori yang mengakibatkan kinerja komputer semakin tidak optimal, akhirnya… down. Kebanyakan orang sering ketakutan ketika hal-hal semacam ini terjadi, takut data-data mereka hilang atau rusak, tapi selama ini saya merasa kasus-kasus akibat virus tidak selalu merusak data, kebanyakan hanya menggandakan diri dengan nama yang sama, hanya file extensinya kadang berbeda, bisa exe atau shortcut, dan untuk file aslinya masih tetap aman tersembunyi. Tapi memang ketika virus belum diberantas tentu file akan sulit diambil dari komputer, akibatnya kadang yang kita copy ke flashdisk hanyalah file tiruan yang dibuat oleh si virus.

Pernah juga ketika sedang online tiba-tiba ada semacam antivirus yang menawarkan produk, ketika diklik tiba-tiba komputer menginstall antivirus tersebut, dan ternyata tidak bisa dihilangkan kecuai harus membeli produknya. Jadi bagi temen-temen silakan hati-hati dengan komputer anda, dan gak usah khawatir, asalkan hard disk drive tidak mengalami mati tentunya data masih aman.

◄ Posting Baru Posting Lama ►