Kekurangan-Kelebihan Linux dibanding Windows

Mengenal Operating System Linux, baik itu Ubuntu, Mint atau Fedora. Hanya saja memang selama ini orang lebih mengenal windows. Ketika orang diberitahu tentang linux (terutama yang masih awam tentang komputer seperti saya) tentu masih bingung, bagaimana sih bentuknya? Gimana sih cara gunakannya? Bagaimana sih kalau rusak atau eror? Dan masih banyak lagi kebingungan kebingungan yang mungkin timbul. Nah bersama-sama mari kita belajar sebenarnya apa sih kelebihan atau kekurangan linux? Kok sampai tidak begitu dikenal oleh banyak orang? Perkenalan saya dengan linux sebenarnya sebatas kenal sebentar, pernah memakai ubuntu tapi kok ya pertama bingung makainya, akhire ditinggal lagi, disamping itu awal-awal makai bingung juga bagaimana nyari software yang compatible dengan linux? Memang sebenarnya sudah tersedia sih, tapi karena sudah terbiasa dengan windows sehingga lagi-lagi ketika memakai program yang kompatibel linux jadi bingung lagi.

Mungkin memang beberapa kekurangan seperti program yang memang tidak terlalu dikenal, kesulitan pengoperasian, dan didunia pendidikan memang buku-buku paket lebih memperkenalkan windows dibanding linux. Kalau disuruh milih sih saya juga milih windows dibanding linux, he… bukan promosi tapi ini dari hati. Kalau saya mencoba memang windows lebih mudah diinstall dibanding dengan linux, kemudian Aplikasi-aplikasi yang tersedia lebih sulit dipakai, tidak se simple windows, dan bagi saya yang sudah sering menggunakan windows ketika memakai linux bingung juga ngaksesnya, he….

Nah daripada melihat jadi bingung sekarang coba kita cari tau kelebihannya aja, sapa tau nanti temen2 jadi tertarik setelah tau kelebihannya:

Dari Segi Keamanan 
Linux lebih dikenal memiliki sistem keamanan yang cukup tangguh ketimbang Windows. Karena sebagian besar virus lebih senang menyerang windows. Tentunya kalau dilihat sekilas memang karena windows lebih banyak pemakai sehingga lebih menguntungkan menyerang windows ketimbang menyerang Linux. Kalaupun menyerang maka dilinux tidak mudah menyebar.

Dari Segi Harga OS 
Sebagian besar dari Linux adalah program gratis dan bebas untuk dipakai, meskipun katanya ada beberapa yang memang harus membayar untuk bagian technical support nya saja. Dibanding kan dengan windows yang harus merogoh kantong lebih dalam untuk memilikinya, belum lagi untuk aplikasi under windowsnya. Jadi kalau yang mau gratis ya pakailah linux, kalau windows mau gratis yang berarti bajak, dan itu tidak boleh karena melanggar lisensi, he….

Dari Segi Macamnya 
Terdapat beragam pilihan seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva. Berbeda dengan windows yang sampai saat ini hanya beberapa mulai dari starter sampai ultimate. Dan jangan khawatir karena hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux.

Dari Segi Spesifikasi yang Dibutuhkan 
Tentunya Linux bisa berjalan dengan ringan tanpa membutuhkan spesifikasi komputer yang terlalu tinggi seperti pada windows.

Apalagi ya kelebihannya? Mungkin itu dulu lain kali moga bisa disambung lagi, semoga bermanfaat, kita sama-sama belajar menambah ilmu. Yang nulis belum tentu bisa, yang baca justru lebih pintar tentunya. Salaammm….
◄ Posting Baru Posting Lama ►