Macam-Macam Perangkat Lunak

Sudah kenal sama komputer? Kapan kenalan? Masak komputer diajak kenalan, gadis cantik itu baru normal diajak kenalan, he… Sebuah komputer adalah sebuah kesatuan. Komputer dapat digunakan apabila terpenuhi Hardware pendukung dan Sorftware yang diperlukan. Hardware dikenal dengan perangkat keras, sedangkan Software dikenal dengan perangkat lunak. Untuk saat ini coba saya ajak untuk sama-sama mengenal perangkat lunak (kalau dah kenal kan bisa ke tahap sayank dan suka menggunakan, hee….). Perangkat lunak sebenarnya terbagi atas tiga macam, mohon maaf kalau salah boleh dikoreksi kok… yaitu yang dikategorikan sebagai perangkat lunak system operasi, perangkat lunak system aplikasi, dan perangkat lunak utility. Selanjutnya sedikit penjelasannya adalah sebagai berikut.

Perangkat Lunak sebagai Sistem Operasi.
Dalam bahasa inggris mungkin sering disingkat OS (operating system). Keberadaannya sangat penting, karena tanpa adanya system operasi sebuah computer dengan hardware yang sebagus apapun tidak akan berfungsi. System operasi ini menjembatani antara user dengan computer, sehingga computer dapat digunakan oleh user. Saat ini dikenal beberapa system operasi, yaitu Windows, Mac OS, dan Linux.

Perangkat Lunak sebagai Sistem Aplikasi. 
Sistem aplikasi digunakan untuk menunjang sebuah tujuan penggunaan komputer. System aplikasi berada dibawah system operasi. Contoh system aplikasi ini misalnya Open office, Microsoft office, Corel draw, Photoshop, dll. Sehingga system aplikasi sebenarnya diinstall karena kebutuhan tertentu. 

Perangkat Lunak sebagai Utility. 
Perangkat lunak ini biasa digunakan untuk merawat system operasi agar tidak mudah rusak. Kerusakan system operasi atau system aplikasi biasa disebabkan oleh adanya virus, maka adanya perangkat lunak antivirus dapat menjaga agar system operasi dan system aplikasi bisa berjalan baik. Keberadaan perangkat lunak ini memang penting, karena bisa dikatakan memberikan perawatan dan pencegahan terhadap gangguan perangkat lunak lainnya. 

Mmmm… saya kira itu dulu kita belajar bersama, semoga bermanfaat, mohon maaf jika banyak kekurangan, he…. Maklum kita kan sama-sama belajar, dan belajar batasnya cuman ada dua, yaitu ketika kita lahir sampai ketika kita mati.
◄ Posting Baru Posting Lama ►