Resiko mengkonsumsi makanan kaleng pada ginjal

Resiko mengkonsumsi makanan kaleng pada ginjal _ http://ilmuku.net _ Entah benar atau tidak, menurut hasil penelitian makanan siap saji cenderung memberikan efek kurang baik, apalagi dikonsumsi dalam waktu yang panjang. Seperti makanan yang dikemas dalam kaleng, sungguhpun terlihat begitu bersih dan steril tapi perlu diperhatikan efeknya bagi kesehatan. Dilihat sekilas makanan kaleng memang sangat efisien, mudah disajikan, mudah didapatkan. Disinyalir bahwa mengkonsumsi makanan kaleng seperti misalnya sup dalam kaleng atau makanan kaleng lainnya. Selain adanya bahan pengawet dikatakan bahwa bahan yang melapisi kaleng juga dapat berpengaruh tidak baik bagi khususnya pada ginjal. Bahan itu disebut BPA atau bisphenol A. bahan inilah yang digunakan untuk membuat lapisan pada kaleng yang didalamnya terdapat protein albumin.

Disampaikan dalam sebuah penelitian pada pengguna makanan kaleng ternyata pengkonsumsi makanan kaleng memiliki kadar albumin tinggi dalam urin nya. Padahal seharusnya jika ginjal sehat albumin tidak akan bocor ke ginjal. Pada penelitian yang dilakukan pada hewan diketahui bahwa BPA dapat menyebabkan stress oksidatif jaringan ginjal serta peningkatan kadar albumin yang abnormal dalam urin. Disisi lain tingginya kadar albumin dalam lapisan pembuluh darah juga membahayakan bagi tubuh, karena albumin merupakan biomarker terhadap disfungsi endotel yang menyebabkan lapisan pembuluh darah tidak dapat melebar dengan optimal. Tentu saja ini bisa juga dapat menyebabkan stroke.

Sebenarnya semua itu bisa kita cegah dari dini mengingat bahwa efek dari sakit ginjal tentunya sangat memberikan pengaruh bagi organ-organ lainnya dalam tubuh kita. Tentunya disarankan lebih aman untuk menkonsumsi makanan segar, atau makanan dalam karton atau toples kaca. Ingat bahwa kesehatan itu mahal harganya, dan sangat terasa bermakna ketika kita sudah merasakan sakit. Maka jaga pola makan adalah jalan antisipasi terbaik yang bisa kita lakukan.

Itu dulu info yang dapat http://ilmuku.net berikan, semoga bermanfaat, kalau ada yang salah mohon dimaafkan, salam….
◄ Posting Baru Posting Lama ►