Pertimbangan Memilih SLTA – SMA/MA/SMK

Pertimbangan Memilih SLTA – SMA/MA/SMK_ ilmuku.net_Bagi pelajar SLTP atau SMP sederajat ujian telah selesai, menanti pengumuman kelulusan adalah hal yang menegangkan. Tentunya di benak para orang tua sudah mulai berpikir untuk memilihkan sekolah yang favorit untuk anak-anak mereka. Begitu banyak pilihan sekolah SLTA sederajat yang ada di nusantara ini, dari SMA, SMK, atau MA. Semua memiliki maksud tertentu sesuai dengan keinginan pencapaian orang tua dan bakat anak. Memilih sekolah sebenarnya memang tidak semata-mata kehendak orang tua saja, tentunya bakat anak dan keinginan anak harus dipertimbangkan. Karena tanpa keinginan tentunya keterpaksaan hanya akan menghasilkan sesuatu yang kurang bermanfaat.

Nah, kalau sudah begitu banyak sekolah terpampang, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Tidak bisa seratus persen saya gambarkan dengan benar tapi semoga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih. Pertimbangan yang ilmuku.net tawarkan diantaranya:
  1. Pilih sekolah yang paling disukai, difavoritkan, hal ini berpengaruh terhadap psikis anak tentunya. Dengan rasa senang masuk sekolah maka hasilnya pun akan lebih baik.
  2. Kalau sudah memilih yang paling disukai, intip dulu kira-kira nanti nilai bisa gak sehingga memungkinkan untuk bisa masuk sekolah favorit tersebut. Nah kalau memang kesulitan silakan buat rangking sekolah favorit, sehingga jika nilai ternyata tidak mencukupi bisa menentukan pilihan selanjutnya.
  3. Pertimbangkan jarak sekolah dengan rumah, bagaimana akan berangkat, atau akan kos, sehingga saat sudah masuk sekolah tidak akan mengalami kesulitan.
  4. Pertimbangkan juga biaya yang dibutuhkan, tentunya sesuaikan dengan kemampuan, meskipun pendidikan adalah hak setiap warga Negara tetapi tentu ada biaya yang dibutuhkan. Biaya bisa berkaitan dengan sekolah atau buku-buku, atau transport dan uang jajan.
  5. Yang tidak kalah penting tentukan kedepannya akan kuliah atau bekerja, karena untuk jenjang SMA atau MA cenderung diutamakan untuk kuliah, sedangkan SMK lebih kea rah persiapan ke dunia kerja.
  6. Jangan lupa bahwa semua amalan tergantung niatnya, jadi niatkan yang benar agar pilihan benar dan bermanfaat dikemudian hari.

Itu beberapa pertimbangan yang bisa ilmuku.net berikan, kalau salah gak usah dipakai, gak cocok juga gak usah dipakai, dan mohon dimaafkan. Tetapi kalau suka…. Alhamdulillah, semoga bermanfaat, salam…..
◄ Posting Baru Posting Lama ►