Tips Belajar Efektif Mencapai Kesuksesan

Teman-teman pembaca yang baik hati, sedikit berbagi "Tips Belajar Efektif Mencapai Kesuksesan" agar kita dapat belajar dengan baik, efektif, dan mendapatkan hasil yang baik, akhirnya mencapai kesuksesan dalam belajar. Langsung saja beberapa tips dari ilmuku.net tentang Tips Belajar Efektif Mencapai Kesuksesan di antaranya:

Tinggalkan kebiasaan menumpuk pelajaran dalam satu sesi
Usahakan agar belajar secara teratur dan konsisten, meskipun dengan waktu yang relative singkat. Cara belajar “SKS” atau sistem kebut semalam jangan dibiasakan. Dengan belajar teratur dan konsisten meskipun tidak terlalu lama tentu akan memudahkan mengingat pelajaran yang telah didapatkan.

Buat jadwal belajar
Calon siswa sukses memiliki jadwal belajar. Jadwal yang sudah dibuat harus konsisten dijalankan. Mengerjakan tugas dengan tertib, dan bukan hanya main-main tanpa tujuan yang jelas. Laksanakan jadwal yang telah dibuat dengan mengikat, sehingga benar-benar bisa dijalankan dan dipenuhi. Siswa yang memiliki jadwal belajar konsisten tentu secara mental akan lebih siap ketika menghadapi ujian baik itu dadakan atau tidak.



Belajar dengan tujuan
Siswa yang ingin sukses dalam belajar tentu harus memiliki tujuan. Tentukan target dalam setiap belajar, kejar target itu sehingga pelajaran secara periodik akan dikuasai dengan baik.

Tinggalkan kebiasaan menunda waktu belajar yang sudah direncanakan
Sikap menunda belajar padahal sudah dijadwalkan semakin lama akan menjadi kebiasaan, akhirnya semakin lama kesuksesan akan semakin menjauh. Semakin menunda berarti semakin jauh dari sukses.

Memilih belajar dari yang tersulit terlebih dahulu
Dengan mengerjakan dari yang tersulit dahulu maka akan meningkatkan efektivitas belajar prestasi siswa. Jika belajar dari yang tersulit makan sisa tugas akan menjadi lebih mudah.

Periksa catatan pelajaran
Ketika pelajaran mencatat akan dimulai maka usahakan untuk melihat catatan sebelumnya. Jika masih kurang usahakan dilengkapi. Karena dengan membuat catatan yang runtut dan lengkap akan memudahkan dalam belajar.

Hindari gangguan dalam belajar
Usahakan agar kondisi saat belajar dalam kondisi yang senyaman mungkin. Kalau terbiasa belajar dengan music, tentu tidak masalah. Karena ada beberapa yang memang lebih nyaman belajar sambil mendengarkan music, atau dalam suasana hening.

Buat kelompok belajar
Dengan belajar kelompok pemecahan masalah yang tidak bisa dilakukan sendiri bisa didiskusikan dalam satu kelompok. Tentu hasilnya akan lebih baik.

Berdo’a
Ketika sudah berusaha secara optimal jangan lupa dengan do’a. Karena do’a ini akan memberikan ketenangan dan keyakinan secara spiritual, percaya atau tidak silakan dibuktikan sendiri.



Demikian sedikit tips dari ilmuku.net jika ada yang tidak sesuai dengan pikiran para pembaca mohon disesuaikan, he... semoga bermanfaat, salaammm.....
◄ Posting Baru Posting Lama ►