Gejala Alergi Pada Anak dan Faktor Penyebab Alergi Pencernaan

Ada beberapa bentuk alergi yang kerap dialami oleh anak-anak, dan salah satunya merupakan alergi pada pencernaan. Khusus untuk alergi pencernaan terdapat gejala alergi pada anak yang tergolong khas dan cukup mudah dikenali. Alergi yang mengganggu saluran pencernaan memang menjadi jenis alergi yang sering dialami oleh anak-anak. Terlebih untuk anak-anak yang tidak mendapatkan ASI eksklusif dan sejak bayi mengkonsumsi susu formula.


Faktor yang Menyebabkan Alergi Pencernaan

Saluran pencernaan pada anak-anak memang lebih rentan bermasalah, ditambah lagi jika anak kebetulan alergi pada bahan makanan tertentu. Alergi pada saluran cerna sendiri disebabkan oleh 3 faktor, yang meliputi:

1. Faktor keturunan yang biasanya diturunkan dari orangtuanya.
2. Saluran pencernaan yang masih belum sempurna sehingga kesulitan mencerna zat makanan tertentu.
3. Adanya paparan dengan penyebab alergi atau allergen sehingga terjadi alergi pencernaan.


Alergi pada pencernaan sering disebabkan oleh ketidaksempurnaan sistem pencernaan dalam mengolah protein pada susu sapi.

Selain dari susu sapi alergi akibat susu diluar ASI bisa juga ditimbulkan oleh susu kambing, dan hewan mamalia lainnya. Sejak bayi perlu diberikan ASI untuk mendukung kesempurnaan sistem pencernaan sekaligus menghindari protein asing dari luar ASI. Resiko alergi pada pencernaan meningkat manakala pemberian ASI tidak diberikan secara sempurna. Kemudian juga bisa ditimbulkan oleh kebersihan lingkungan dan bahan makanan yang kurang diperhatikan. Gejala yang ditimbulkan oleh alergi pencernaan pun beragam tergantung pada kondisi saluran pencernaan itu sendiri pada anak.

Gejala Terjadinya Alergi Pencernaan

Bagi orangtua yang mendapati beberapa bentuk gejala berikut bisa menjadi tanda bahwa anak mengalami alergi pencernaan, diantaranya adalah:

1. Terjadinya diare yang bisa muncul kemudian hilang sendiri dan terkadang disertai lendir dan juga darah sehingga sering diartikan sebagai disentri.
2. Anak juga sering muntah-muntah dan perut terasa kembung dalam rentan waktu yang tidak berjauhan.

Gangguan pencernaan pada anak-anak bisa jadi merupakan gejala alergi pada bayi yang perlu diperhatikan secara detail. Perlu dilakukan tes untuk mengetahui apakah memang anak alergi atau mengalami masalah kesehatan lainnya.


◄ Posting Baru Posting Lama ►