Serba Serbi UNBK 2017

Ujian Nasional hari pertama untuk tingkat SMA/MA hari ini berlangsung. Semua SMA/MA diwajibkan menggunakan computer alias Ujian Nasional Berbasis Komputer. Kendala awal yang dialami tiap sekolah bermacam-macam, tetapi mayoritas berkaitan dengan kepemilikan computer yang diperlukan sebagai syarat mutlak pengadaan UNBK. Jumlah computer client minimal 1/3 jumlah siswa kelas 12 yang akan mengikuti UNBK. Selain itu kadang koneksi internet dan tenaga teknis juga jadi permasalahan.

Dana yang begitu besar untuk pengadaan computer client dan server diperlukan, agar proses UNBK bisa berjalan lancer. Bagi sekolah yang belum mencukupi computer sarat minimal maka harus gabung ke sekolah lain. Tentunya jika bergabung harus siap dengan beberapa konsekuensi, terutama masalah psikis anak saat mengikuti ujian di tempat atau sekolah lain.

Persiapan demi persiapan telah dilakukan, mulai dari jumlah computer, pemasangan jaringan, persiapan genset, modem, termasuk persiapan tenaga teknis proktor dan teknisi. Harapanya UNBK 2017 berlangsung lancar tanpa kendala. Kalaupun ada kendala bisa di atasi dengan cepat.

Nilai plus nya menurut saya ada beberapa hal, diantaranya pengiriman soal lebih mudah dan cepat dibanding paper based. Tenaga yang diperlukan lebih sedikit. Pengawas juga lebih sedikit. Berbagai tanggapan tentu ada, baik yang pro maupun kontra, tapi ini lah jamannya dimana semua berbasis teknologi. Makanya aneh jika mapel computer ditiadakan sedangkan banyak anak-anak kita yang menghidupkan mematikan computer saja tidak bisa.

Dah itu dulu besok disambung lagi sama ilmuku.net …. Semoga ujian selanjutnya sampai kamis depan berlangsung lancar. aamiin
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2012 ILMUKU: Serba Serbi UNBK 2017 Template by Bamz Templates