Macam-macam ayam suro

Ayam suro, katuranggan ayam, ayam menangan, ataukah yang lainnya?dengan sebutan apapun. seperti manusia memiliki ciri-ciri spesifik yang menggambarkan wataknya, meskipun tidak seratus persen benar. Ciri-ciri tertentu yang ada pada ayam berarti kan menggambarkan sifatnya, ha... ngaco muter-muter, yang jelas semua memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, termasuk ayam suro. Berikut beberapa macam ayam suro yang saya ketahui. 


Suro Cepaka : Yaitu ayam memiliki ules wido cepaka (bulu ayam yang berwarna putih dan kehijauan), ekor mubal (ekor ayam yang terdiri atas warna hitam dan putih), jalu cantel (jalu yang bentuknya melengkung keatas), jengger tigan (jengger yang berbelah 3). 

Suro Ireng : Yaitu ayam berwarna hitam, rawis merah hati (ules Galih), dengan mata hitam, jengger tigan (jengger berbelah 3), jalu panjang tapi tidak tajam dan kakinya berwarna hitam. 

Suro Bungkus : Yaitu ayam memiliki ules blorok, berkaki hitam, berjalu bungkus. 

Suro Watu: Yaitu ayam yang dibawah jalu terdapat benjolan seperti batu. 

Suro Kopyor : Yaitu ayam yang ketika dipegang lalu di goyang maka akan terdengar seperti ada air ditubuh ayam. 

Suro Pengantin : Yaitu ayam yang memiliki 2 bulu pada bagian ekor yang menjulang lebih panjang dari bulu lainnya 

Suro Dukun : Yaitu ayam terdapat 1 bulu pada bagian ekor yang menjulang lebih panjang dari bulu lainnya 

Suro Petir : Yaitu ayam yang memiliki sisik pada jari tengah pecah terbagi 2 Suro Rembes : Yaitu bila mata ayam terlihat seperti ayam sedang sedih/menangis padahal ayam sehat. 

Suro Teleh : Yaitu bila ayam memiliki dua teleh atau letaknya dibagian kiri. 

Suro Tanjung Karang : Bila ayam memiliki jalu susun 

Untuk daya mistiknya saya tidak tau, tapi dari kepercayaan orang-orang terdahulu memang ayam suro memiliki daya mistik. Silakan dipraktekan sendiri apakah memang ada kelebihannya, ataukah sama saja dengan ayam lainnya.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2012 ILMUKU: Macam-macam ayam suro Template by Bamz Templates