Punya Diabetes? Sebelum Olah Raga, Harap Perhatikan Ini

Penyakit diabetes merupakan sebuah kondisi dimana kadar gula dama darah memiliki jumlah yang lebih tinggi daripada pada kondisi normalnya. Kebanyakan penderita penyakit ini adalah seseorang yang berusia di atas 30 tahun, namun tidak menutup kemungkinan juga yang berada di usia lebih muda dapat terserang penyakit ini.


Olah raga adalah kegiatan yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, pun juga wajib dilakukan oleh penderita diabetes. Namun, sebelum berolah raga, penderita diabetes harus memperhatikan hal – hal berikut ini.
1. Pilih jenis olah raga sesuai dengan kemampuan. Jika tidak kuat berlari, maka berjalan kaki bisa menjadi pilihan. Intinya, pilih olah raga ringan yang bisa dilakukan dengan aman.
2. Gunakan sepatu yang nyaman agar terhindar dari beberapa kemungkinan saat olah raga seperti kaki lecet atau terluka. Seperti yang kita ketahui, penyembuhan luka bagi penderita diabetes biasanya cenderung lebih lama.
3. Lakukan olah raga setelah makan, yaitu satu jam setelahnya karena pada masa ini kadar gula sedang meningkat.
4. Selalu sediakan air minum sebelum olah raga dan setelah berolah raga karena jangan sampai cairan tubuh anda kurang

Setelah selesai berolah raga, cek kembali kadar gula darah anda agar anda bisa membuat perbandingan dari hari ke hari. Karenanya, penting bagi penderita penyakit diabetes pada orang dewasa untuk memiliki alat tes gula darah sendiri.
◄ Posting Baru Posting Lama ►