Central Processing Unit (CPU)

Dalam bahasa indonesia dapat diartikan dengan Unit Pengolah Data. Di dalamnya terdapat bermacam-macam perangkat keras (harware) yang diperlukan untuk menjalankan komputer.

1.Hard Disk Drive
Hard Disk Drive (HDD) adalah alat untuk menyimpan data. Kapasitas HDD ini bermacam-macam, saat ini sudah tersedia dalam kapasitas sampai 250 Gigabyte.

2.Floppy Disk Drive (FDD)
FDD merupakan alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Cara kerja hampir sama dengan hard disk, plat bulat berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam FDD, kemudian sebuah magnet akan membaca atau menuliskan data pada disket.

3.CD ROM
CD ROM berfungsi untuk membaca data dari sebuah Compac Disc (CD). ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. Jadi CD ROM hanya dapat digunakan untuk membaca data tidak dapat untuk meenyimpan data. Namun sekarang ini sudah banyak tersedia CD RW (Read and Write) yang dapat menulis dan menyimpan ke dalam CD.
Cara kerja CD ROM atau CD RW sama dengan cara kerja HDD atau FDD, bedanya adalah pada CD ROM atau CD RW yang dibaca atau ditulis adalah pada kepingan CD dengan alat baca atau tulis menggunakan sinar laser yang berkekuatan kecil (tidak menggunakan head magnet seperti pada HDD dan FDD).

4.Processor
Processor adalah otaknya komputer yang berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatannya diukur dari frekuensinya, misalnya 1,8 Gigahertz atau 800 Megahertz. Saat komputer dihidupkan maka procesor akan langsung bekerja dan memanas (suhu naik), maka setiap processor dilengkapi dengan pendingin (heat sink atau penyalur panas dan fan atau kipas).

5.Memori
Memori atau lebih dikenal dengan RAM (Random Acces Memory) berguna untuk menyimpan data sementara. Jika komputer dimatikan maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membacanya lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

6.Kartu Grafis (VGA Card)
VGA Card (Video Graphic Adapter Card) digunakan untuk menerjemahkan output komputer ke monitor.

7.Sound Card
Sound card atau kartu suara digunakan untuk mengeluarkan suara dari komputer yang dioperasikan. Sound card dapat dihubungkan dengan speaker agar keluar bunyi atau bisa juga dengan microphon untuk berbicara dan direkam dalam komputer.

8.Motherboard
Motherboard atau papan induk berfungsi untuk menempatkan seluruh alat utama CPU. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
◄ Posting Baru Posting Lama ►