Apa Yang Terjadi Jika Ibu Hamil Kekurangan Kalsium?

Ketika mengandung, kondisi tubuh ibu hamil akan banyak mengalami perubahan. Baik perubahan bentuk fisik maupun perubahan kondisi hormon dan kondisi dalam tubuh. Sata hamil, wanita sangat memerlukan sekali banyak vitamin dan mineral, salah satunya adalah kalsium. Kalsium sangat berperan penting dalam menunjang tumbuh kembang janin di dalam rahim dan juga untuk asupan nutrisi bagi ibu hamil. Kalsium bagi ibu hamil dapat diperoleh melalui konsumsi susu, sayuran dan juga daging. Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan ini adalah berpengaruh pada apa yang akan dirasakan oleh ibu hamil.


Jika seorang ibu hamil kekurangan kalsium, maka akan menyebabkan hal hal berikut ini :

1. Sering sakit gigi
Salah satu manfaat dari kalsium adalah untuk menjaga gigi tetap kuat. Saat hamil, tidak jarang ibu hamil mengeluhkan sakit gigi yang mendadak. Hal ini salah satu penyebabnya bisa jadi adalah karena kurangnya asupan kalsium selama masa kehamilan. Sakit gigi pada ibu hamil tentunya akan sangat mengganggu. Apalagi jika sakit gigi terjadi pada trimester pertama dimana ibu hamil juga mengalami mual muntah, itu akan sangat menyiksa. Maka untuk mencegah terjadinya sakit gigi sebisa mungkin ibu harus rajin mengkonsumsi susu untuk ibu hamil.

2. Sakit pinggang
Bahkan akibat kurangnya kalsium, ibu hamil juga rentan mengalami sakit pinggang. Jika pinggang sudah sakit maka akan sangat sulit bagi ibu hamil, duduk salah tidur juga salah. Beban perut saja sudah membuat pinggang sakit ditambah dengan gangguan dari kurangnya asupan kalsium pada tubuh.

3. Kaki pegal pegal
Kaki juga akan lebih mudah pegal karena tulang kaki yang kekurangan kalsium harus menopang beban tubuh dan beban janin.

Itulah beberapa keluhan yang diakibatkan oleh kurangnya asupan kalsium pada ibu hamil. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka anda harus rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi. Jangan lupa untuk selalu meminum vitamin yang diberikan dokter atau bidan yang mengandung kalsium. Untuk info kesehatan kehamilan lainnya anda bisa cek di https://www.guesehat.com/.

◄ Posting Baru Posting Lama ►