Info Lengkap Seputar Aplikasi Feeder Emis (AFE)

Sejak launching nya aplikasi baru yang digadang gadang oleh Kementerian Agama untuk mempermudah pekerjaan berkaitan dengan pendataan EMIS semester genap 2020, sampai saat ini masih banyak ditemui kendala. Tentu saja operator berharap segera ada solusi, tapi lagi-lagi memang operator dibiarkan berkreasi mencoba sendiri, seperti yang penulis alami. Ketika sudah bisa login sudah ambil data, dari situ saja sudah bingung karena data masih data lama, isi lembaga untuk mengganti kepala madrasah belum bisa karena data yang di ambil daftar nama beliau belum masuk.



Kendala kendala seperti itu akan terus bermunculan selama pusat tidak secepatnya merilis petunjuk teknis pengisiannya, apakah di offline harus 100% fix atau gak, apakah kendala diabaikan saja atau bagaimana. Karena ketika sudah terlanjur selesai ternyata nanti keluar versi baru dan harus ngulang dari awal lagi, ya akhirnya bikin dongkol.

Kalau pendapat pribadi saya sih sekedar dicoba2 dulu, dibuka menunya, coba edit ini edit itu secukupnya, nunggu info resmi sekaligus sosialisasi dari kanwil ke madrasah. Jadi ketika nanti memang harus seperti itu minimal kita sudah familiar dengan program tersebut. Saya yakin setiap ada masalah pasti ada solusi, tapi saya berharap semoga masalah itu bisa diminimalisir oleh pusat sehingga operator tidak terlalu berat memikul masalah yang ada, karena operatorlah yang langsung dilapangan mengerjakan.

Semoga tidak akan terulang untuk kesekian kalinya pendataan EMIS terkendala terkesan amburadul dan dipaksakan. Salam satu data sukses selalu dan jangan lupa ngopi….

◄ Posting Baru Posting Lama ►