Memakai Komputer dengan Baik dan Benar

Komputer sebagai sebuah karya yang luar biasa untuk mempermudah hidup manusia di dunia, he… Tapi tak jarang kita memakainya dengan tanpa menjaga diri kita agar tetap sehat. Penggunaan komputer terlalu lama memang cenderung membuat mata lelah, pusing, bahkan tubuh meriang. Oleh karena itu sebaiknya kita analisa bagaimana sih memakai komputer dengan baik dan benar? Sehingga memberikan kenyamanan dan keselamatan saat bekerja. Sebenarnya potensi terbesar penyebab gangguan adalah pada monitor, benar atau salah ya silakan dirasakan sendiri, karena itu pengalaman saya, hmmm… saya sering didepan monitor minimal sekitar 4 jam sehari, tapi ya sebentar-sebentar keluar lihat suasana luar supaya gak cepat pusing. Minum air bening juga tidak lupa saya lakukan, ya… supaya tidak jadi sakit gara-gara kelamaan di depan komputer. Sebenarnya rasa lelah, pusing atau meriang itu saya perhatikan karena memang adanya radiasi yang dipancarkan khususnya dari monitor, ntah itu berupa sinar X, sinar ultraviolet, gelombang mikro, atau radiasi elektromagnetik dengan frekuensi rendah.

Lalu apakah hanya itu yang harus diperhatikan? Hanya masalah radiasi kah? Atau ada yang lain? Ternyata tidak, faktor-faktor lain tentu juga memberikan pengaruh sehingga berpengaruh juga pada kesehatan badan kita. Misalnya masalah posisi kita duduk, posisi peralatan komputer yang kita gunakan, masalah cahaya, atau masalah kondisi udara tempat kita bekerja. Bagaimanakah posisi kita sebaiknya agar kita bisa meminimalisir dampak negatif di depan komputer saat bekerja? Mungkin bisa kita lihat dari posisi kita di depan komputer serta posisi komputer yang ideal, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:  

Bagian kepala 
Sebaiknya posisi kepala tidak terlalu menunduk atau terlalu menengadah keatas. Rileks saja dan pas pandangan kedepan, sehingga lebih nyaman. 

Bagian punggung 
Nah dalam hal ini sih yang penting diusahakan lurus, jangan bengkok kekiri, kekanan, atau membungkuk, karena dengan posisi rileks dan lurus membuat badan tidak cepat capek. Gak percaya? Dicoba aja, kalau tidak benar ya gak usah protes, he…. 

Posisi monitor 
Karena tadi di awal sudah dikatakan bahwa monitor memberikan sumbangan paling besar terhadap lebih cepatnya tercapai rasa lelah dan pusing, maka letaknya harus diperhatikan supaya dampak negatifnya bisa diminimalisir (namanya juga usaha, hmm). Usahakan meletakkan monitor pada tempat dengan cahaya cukup, jangan terlalu gelap juga ruangannya, tapi juga jangan terlalu terang pokoknya dikira-kira sendiri aja lah, he…. Selanjutnya atur letaknya tepat didepan mata kita, jangan sampai membuat kita sampai tidak nyaman misalnya harus nengok atau menunduk atau menengadah ke atas. Tips lainnya adalah mengatur pencahayaan monitor supaya jangan terlalu terang atau terlalu redup, nah yang lebih penting lagi sih gunakan filter monitor untuk mengurangi radiasi, atau bisa memakai kacamata untuk mengurangi radiasi. 

Posisi keyboard, mouse
Usahakan supaya letak keyboard dan mouse letaknya lebih rendah dari monitor supaya tangan tidak cepat capek saat bekerja. 

Nah yang lainnya mengenai kabel misalnya, usahakan ditata rapi supaya tidak membahayakan kita saat bekerja menggunakan komputer. Selamat mencoba semoga sehat dan sukses selalu. Belajar bareng menyenangkan kok (ha... gak ada hubungannya kali ya)… salam.
◄ Posting Baru Posting Lama ►