Kiat Sukses Ujian Nasional UN 2013

Ujian Nasional 2013 tak terasa semakin mendekat, mau tidak mau siswa-siswi harus sudah memikirkan secara serius bagaimana menghadapi UN yang sudah menanti. Dari persiapan strategi cara belajar, sampai dengan strategi cara mengolah pikiran mental supaya siap secara psikis. Karena tak jarang ada beberapa siswa yang justru drop dan jatuh sakit menjelang ujian berlangsung, hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional. Lalu bagaimanakah cara atau kiat sukses Ujian Nasional UN 2013? Berbagi tips sedikit semoga bermanfaat untuk para siswa yang mempersiapkan dirinya menghadapi Ujian Nasional.

Persiapan awal
Persiapkan jauh-jauh hari agar tidak menyesal saat hari penentuan. Kalau belum dimulai segeralah mulai dari sekarang. Buatlah sebuah planning untuk mempelajari materi setiap harinya. Misalnya hari senin mempelajari matematika, kemudian selasa mapel lainnya dan seterusnya. Lakukan itu secara continyu alias ajeg, karena dengan belajar rutin seperti itu pekerjaan dalam mempelari materi tidak akan menumpuk. Selain itu belajarlah materi-materi soal dan pembahasannya, latih secara rutin, dengan sering mengerjakan soal berarti sudah melatih diri untuk siap menemukan berbagai macam jenis soal yang mungkin akan muncul dalam Ujian Nasional. Dan kiat sukses UN yang paling penting untuk dimulai dari sekarang adalah banyak berdo’a, minta dido’akan teman saudara terutama do’a orang tua. Nah itu untuk persiapan awal menurut ilmuku.net

Persiapan menjelang hari Ujian Nasional
Setelah melakukan persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari maka untuk persipan menjelang Ujian Nasional tentulah tidak akan terlalu membuat stress, karena minimal 60 persen materi sudah bisa dikuasai. Kalau menjelang Ujian Nasional sudah merasa siap materi ujian tentunya mental dan pikiran kita akan yakin, mengerjakan soal ujian nasional pun tentu akan yakin, tanpa perlu tengak tengok atau membawa contekan (ingat sekali mencontek berarti mencurangi hati nurani, kalau ketahuan juga jadi panjaaannnnggg urusannya).

Nah yang penting juga adalah jangan lupa minta do’a restu orang tua, minta do’a sama bapak ibu guru, dan berdo’a sebelum mengerjakan soal Ujian Nasional. Yakinlah dengan kemampuan sendiri, jangan mudah percaya dengan isu bocoran soal yang sering beredar. Jangan juga memforsir diri belajar dengan sistem wayangan atau SKS Sistem Kebut Semalam, karena selain bikin bingung bisa juga kecapekan saat mengerjakan soal yang akhirnya tidak maksimal dalam mengerjakan soal.

Saat menghadapi soal Ujian Nasional
Kalau soal sudah berada di hadapan, tentu yang harus dilakukan adalah teliti soal, jumlah soal, dan nomor urutnya, jangan lupa mengecek nama, nomor ujian, serta kode soal. Kerjakan soal yang dianggap mudah dahulu, baca soal dengan teliti, dan gunakan waktu secara maksimal, tidak perlu terburu-buru untuk keluar. Sekali lagi diingatkan yakinlah dengan kemampuan sendiri, jangan mencontek atau tanya sana-sini, yang tak jarang malah menjerumuskan, dan tentunya perbuatan yang tidak jujur hasilnya juga kurang berkah.

Untuk soal-soal yang memang benar-benar tidak bisa silakan sambil berdo’a kemudian bismillah yakin memilih salah satu semoga benar, he… gak papa daripada dah ngawur gak pake do’a. Setelah selesai mengerjakan jangan lupa berdo’a lagi.

Nah itu beberapa kiat sukses Ujian Nasional 2013 yang bisa ilmuku.net sampaikan, semoga bermanfaat, salam….
◄ Posting Baru Posting Lama ►