Tips Agar Otak Cerdas

Otak atau disebut encephalon juga disebut sebagai central nervous system (CNS), berfungsi mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Maka dari itu mengoptimalkan fungsi otak bisa dikatakan sebuah keharusan agar potensi diri bisa difungsikan secara maksimal.

Beberapa tips dari ilmuku.net untuk mengoptimalkan fungsi otak sehingga terbentuk otak yang cerdas:



Sholat malam
Belum melakukan penelitian secara seksama, tapi banyak fakta membuktikan bahwa bangun malam berwudhu kemudian sholat ternyata membuat otak menjadi cerdas. Kalau tidak percaya silakan dibuktikan sendiri, he….

Mandi pagi
Mandi dipagi hari membuat badan fresh dan otak segar sehingga lebih siap untuk dipakai belajar dan berpikir. Ini belum tau sudah diteliti atau belum. Tapi kenyataannya banyak orang yang terbiasa mandi pagi sebelum subuh mendapatkan badan dan pikiran yang fresh.

Membaca
Membaca dapat melatih konsentrasi otak, apalagi membaca dan mempelajari Al-Qur'an, hmmmm juosss.... tapi minimal ya baca postingan saya, he….

Membiasakan mengaktifkan kedua tangan
Misalnya berlatih mengetik dikomputer dengan sepuluh jari, sehingga tidak berat sebelah.

Mengaktifkan 2 indera sekaligus
Misalnya bernyanyi sambil memainkan music. Atau aktifitas lain seberti mencium bau-bau wangi bunga sambil bernyanyi.

Mengisi teka teki silang
Berguna melatih ingatan otak, khususnya otak kiri agar tetap aktif.

Bermain
Membuat pikiran senang juga ternyata memberikan efek positif bagi kecerdasan pikiran, itu menurut saya lo, he…. Kalau tidak pernah bermain hanya fokus pada kerja dan kerja lama-lama kan pusing, otak cunthel sulit berkreasi.



Itu beberapa tips saja dari ilmuku.net semoga bermanfaat, kalau tidak berkenan mohon dimaafkan atau mungkin ingin menambahkan juga tidak apa-apa. salam

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright 2012 ILMUKU: Tips Agar Otak Cerdas Template by Bamz Templates