Tips Memotivasi Belajar Siswa

Sekedar berbagi pengetahuan saja, karena mungkin penulis juga belum bisa melaksanakan 100 persen. Tetapi berbagi itu indah kan? Kita tingkatkan mutu pendidikan Indonesia dengan memulai dari diri kita untuk bisa memberikan motivasi kepada siswa atau anak didik kita. Kemerosotan semangat belajar peserta didik kita bisa dikarenakan berbagai hal, seperti karena pergaulan, permainan yang serba mudah sehingga membuat peserta didik malas untuk belajar. Memotivasi mereka untuk semangat belajar harus senantiasa dilakukan entah itu dari unsur sekolah atau dari orang tua dan lingkungan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memberikan motivasi pada siswa antara lain:





Menjelaskan tujuan kepada siswa.
Pada permulaan belajar mengajar seharusnya terlebih dahulu seorang guru menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus yang akan dicapainya kepada siswa. Makin jelas tujuan maka makin besar pula motivasi dalam belajar.

Memberikan hadiah.
Hadiah akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Berikan hadiah untuk siswa yang berprestasi. Di samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar siswa yang berprestasi.

Saingan/kompetisi.
Guru berusaha mengadakan persaingan di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.

Memberikan pujian.
Siswa yang berprestasi sudah sewajarnya untuk diberikan penghargaan atau pujian. Pujian yang diberikan bersifat membangun. Dengan pujian siswa akan lebih termotivasi untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi.


Memberikan perhatian maksimal.
Strateginya adalah dengan memberikan perhatian maksimal ke peserta didik. Selain itu, guru juga dapat membuat siswa tertarik dengan materi yang disampaikan dengan cara menggunakan metode yang menarik dan mudah dimengerti siswa.
Membuat jadwal belajar.
Siswa diajak untuk membuat jadwal belajar mereka sehingga mereka tentu akan dituntut untuk mematuhi apa yang sudah mereka jadwalkan.

Membantu kesulitan belajar peserta didik.
Membantu kesulitan peserta didik dengan cara memperhatikan proses dan hasil belajarnya. Dalam proses belajar terdapat beberap unsur antara lain yaitu penggunaan metode untuk menyampaikan materi kepada para siswa. Metode yang menarik yaitu dengan gambar dan tulisan warna-warni akan menarik siswa untuk mencatat dan mempelajari materi yang telah disampaikan..

Menggunakan metode yang bervariasi.
Meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang variasi. Metode yang bervariasi akan sangat membantu dalam proses belajar dan mengajar. Dengan adanya metode yang baru akan mempermudah guru untuk menyampaikan materi pada siswa.

Memberikan teladan
Keteladanan ini bisa di bilang sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. kebanyakan dari siswa tentu lebih menyukai seorang guru yang terbukti memiliki motivasi di bandingkan dengan guru yang bisanya hanya bercerita tapi belum terbukti hasilnya. Dari itulah perjalan hidup seorang guru bisa menjadi senjata ampuh dalam meningkatkan motivasi belajar para siswa.

Memberikan kesempatan siswa untuk memperbaiki kesalahan
Sering kita melihat ada beberapa oknum guru yang yang memberikan cap buruk pada salah seorang siswa hanya gara-gara siswa tersebut melakukan kesalahan yang entah di sengaja atau tidak menyinggung perasaan seorang guru. Hal ini sebisa mungkin harus di hindari karena jika tidak siswa akan mengalamai patah semangat dalam belajar.

Semoga ilmuku.net bisa memberikan sesuatu yang lebih baik untuk generasi cerdas bangsa indonesia meskipun hanya sebuat tips yang tak bernilai. 
◄ Posting Baru Posting Lama ►