Ini Cara Memperlancar ASI yang Harus Ibu Tahu

Bagi ibu yang baru mulai menyusui mungkin akan kebingungan karena ASI tidak keluar dengan lancar. Hal ini membuat ibu-ibu muda menjadi depresi, kecewa dan menyerahkan si kecil untuk meminum susu formula.

Itu karena banyak ibu muda yang tidak mengetahui cara alami agar ASI dapat lancar keluar. Jika ASI lancar, maka kebutuhan si kecil pun akan terpenuhi. Maka dari itu, berikut ini ulasan mengenai cara alami untuk ibu agar ASI keluar dengan lancar. Yuk, disimak!

Cara Memperlancar ASI


Memompa ASI
Untuk seorang ibu yang baru saja melahirkan anak pertama, mungkin masih belum tahu cara memperlancar ASI menggunakan pompa. Maka dari itu, harus belajar memompa ASI agar air susu yang keluar banyak dan mencukupi si kecil.

Memang tidak perlu mempedulikan seberapa banyak ASI yang keluar saat ibu memompa. Karena tujuan dari memompa ASI bukan untuk mendapatkan air susu yang banyak, tetapi untuk mengeluarkan sisa air susu yang tidak terminum oleh si kecil dan juga memancing air susu agar nanti keluar lagi.

Perbaiki Posisi Saat Menyusui
Cara memperlancar ASI selanjutnya dari posisi saat ibu menyusui si kecil. Untuk ibu muda yang baru saja pertama kali menyusui pasti akan merasakan sakit. Inilah yang menjadi salah satu alasan banyak ibu-ibu di luar sana yang berhenti menyusui si kecil dan beralih ke susu formula.

Padahal ketika ibu beralih ke susu formula, produksi ASI semakin lama akan semakin berkurang. Oleh sebab itu, disarankan bagi ibu muda untuk mengetahui posisi menyusui yang benar. Ada beberapa posisi yang bisa ibu gunakan saat menyusui, di antaranya:

Reclining, yaitu cara memperlancar ASI dengan posisi menyusui rebahan. Ibu harus memastikan posisi kepala dan badan si kecil harus garis lurus. Untuk wajah si kecil bisa disejajarkan dengan payudara dan mulut yang pas dengan puting. Pada posisi ini, si kecil harus ditopang sebaik mungkin dan harus didekap dekat ketika menyusui. Cradding, yaitu posisi menyusui dengan menopang si kecil dengan lengan yang sama di sisi payudara.

Cross Cradding, yaitu cara memperlancar ASI dengan posisi menyusui dengan menopang si kecil dengan lengan yang berlawanan di sisi payudara. Cluth, yaitu posisi menyusui dengan menopang si kecil di bawah tangan.

Lying down, yaitu cara memperlancar ASI dengan posisi menyusui yang dilakukan bisa dengan berbaring sama-sama atau saling berhadapan.

Menjaga Kualitas Istirahat
Ketika memiliki si kecil, pasti akan sulit untuk istirahat. Apalagi, si kecil yang suka rewel di malam hari mengakibatkan ibu sulit menjaga kualitas tidur dan istirahat. Jika terus menerus seperti itu, produksi ASI akan berkurang dan menjadi tidak lancar.

Maka dari itu, cara memperlancar ASI ibu harus mengurangi kegiatan yang tidak diperlukan apalagi jika harus bepergian keluar rumah. Ibu harus memperbanyak istirahat, jika bisa ketika si kecil tidur ibu pun harus ikut tidur.

Memberi ASI Terus Menerus
Pada minggu-minggu pertama, pemberian ASI untuk si kecil memang belum teratur maka dari itu ibu harus siap siaga ketika si kecil memerlukan ASI. Ibu bisa memperkirakan 2 sampai 3 jam sekali untuk memberikan ASI pada si kecil. Karena si kecil membutuhkan ASI sekitar 8 sampai 12 kali sehari.

Itulah ulasan mengenai cara memperlancar ASI yang mesti ibu ketahui agar kebutuhan si kecil dapat terpenuhi. Semoga artikel ini bermanfaat

Posting Lama ►