Mencegah Virus Masuk ke Komputer

Virus lagi virus lagi, hmmm….. eh manusia hidup jangan banyak ngeluh ya, sekedarnya aja kalau ngeluh,ha…. Sering kali tanpa kita sadari komputer atau laptop kita kemasukan sesuatu yang asing dan menggerogoti serta mengganggu kinerja komputer, entah itu komputer jadi lambat atau komputer restart melulu sampai tingkat nyebelin komputer gak mau booting ke windows. Bagi kita yang awam tentang masalah komputer memang sangat memusingkan, karena bingung harus gimana. Solusi terakhir ya dibawa ke bengkel komputer. Tapi masak bentar-bentar ke bengkel ntar dompet bisa menipis, soale pendapatan pas pasan.

Mengatasi masalah virus menurut mereka yang udah biasa berkecimpung di dunia komputer memang tidak begitu sulit, tapi juga gampang-gampang susah. Apalagi kalau komputer udah terlanjur terjangkiti virus, walhasil kalaupun virus bablas berhasil dibantai ya ada beberapa program yang bermasalah. Kalau dulu virus yang sering merusak seperti ini sering kedetect dengan sebutan sality. Kalau memang udah akut ya mau gak mau windows di restore ulang lagi, atau di install ulang (dah pusing ngatasi itu).

Dari mana sih kok komputer bisa kemasukan virus? Pembawa utama yang sering ditemui adalah dari USB Flash Disk, kontak dari komputer satu ke komputer lain tanpa filter atau anti virus yang terupdate menyebabkan menularnya penyakit yang disebabkan oleh virus. Sumber utama sih setahu saya dari internet, jadi kalau dari internet atau warnet nyari data ya harus berhati-hati menyolokan media simpan ke komputer kita.

Solusinya pencegahan yang paling mudah agar komputer kita aman dari virus:

Gunakan antivirus yang selalu terupdate, kalau bisa menggunakan 2 antivirus yang berbeda, satu dari produk local satu dari produk internasional. Misalnya Smadav sama Avira (bukan promosi lo, sekedar saran aja itu).

Usahakan setiap Flash Disk dari komputer lain mau ke computer kita untuk dilakukan scan untuk memastikan Flash Disk bebas dari virus.

Jangan sungkan sungkan cari tau dan Tanya pada teman yang tau tentang masalah komputer agar tidak sampai parah sehingga menyebabkan komputer lebih sulit disembuhkan.

Selamat mencoba, ini sekedar berbagi info, karena saya juga masih awam dunia komputer.
◄ Posting Baru Posting Lama ►