Kenali Macam-macam AC: Standard, Low Watt, dan Inverter

Saat tertarik untuk menggunakan AC, tetapi Anda bingung ketika ingin membelinya. Sebab ada macam-macam AC dan harganya yang dijual, mulai dari jenis AC Standard, AC Low Watt, hingga AC Inverter. Mungkin beberapa dari Anda masih tidak mengetahui perbedaan dan masing-masing jenis AC tersebut. Oleh karena itu, berikut ini terdapat penjelasan dari ketiga macam AC tersebut.

Bhinneka.com


Jenis AC Standard

Sebagai jenis AC yang standard, waktu yang diperlukan untuk membuat ruangan menjadi dingin juga cukup standard. Tidak terlalu lama, namun tidak terlalu cepat juga. Untuk tarikan listrik pada AC ini di awalnya cukup tinggi, namun untuk ke efisiensi listriknya standard dibandingkan dengan dua jenis AC lainnya.

Untuk fitur yang terdapat pada AC jenis ini cukup standard, seperti terdapat filter bakteria dan juga filter untuk udara. Penempatannya juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, karena tidak ada kriteria ruangan khusus untuk AC standard.

Jenis AC Low Watt

AC dengan jenis low watt ini memiliki kompresor yang hanya menggunakan daya listrik lebih kecil. Tetapi untuk menyamakan kemampuannya dengan AC yang lain, jenis ini memperkuat kipas angina yang ada pada outdoor unit.

AC low watt ini lebih efisien karena akan memberikan Anda biaya listrik lebih murah hingga 20-30% untuk perbulannya. Tidak hanya itu, AC jenis ini tepat digunakan untuk Anda yang memiliki rumah dengan daya listrik kecil.
Namun, AC low watt ini memiliki fakta bahwa sedikit lambat untuk membuat ruangan terasa dingin. Hal ini disebabkan dari penggunaan tenaga yang paling sedikit dibandingkan dengan macam-macam AC yang lain.

Jenis AC Inverter

Jenis AC Inverter termasuk ke dalam kelas tertinggi. Sebab penggunaan teknologi pada AC ini membuat kompresor dapat bekerja menyesuaikan dengan kebutuhan dalam mencapai suhu ruangan sesuai yang Anda inginkan. Hal ini bisa dilakukan dengan menyetel suhunya pada remote AC Inverter.

Contohnya seperti, ketika Anda menyetelnya di suhu 24o maka AC ini awalnya akan bekerja dengan sangat keras untuk mendinginkan ruangan. Namun, ketika suhu ruangan sudah sesuai dengan remote maka kompresor akan bekerja seminimal mungkin.

Oleh sebab itu, AC Inverter ini tidak tepat digunakan untuk ruangan yang pintunya sering dibuka dan tutup. Penggunaan listriknya juga tidak efisien jika Anda hanya memakainya sebentar, karena tarikan listrik awal dari AC ini sangat tinggi.

Jenis AC Menyesuaikan Kebutuhan

Berikut ini terdapat daftar penjelasan macam-macam ACdi atas untuk memudahkan Anda dalam memutuskan AC yang tepat dengan kebutuhan dalam ruangan:
  • Untuk rumah dengan daya listrik standard (tidak besar dan juga tidak kecil), Anda bisa menggunakan AC jenis Low Watt.
  • Untuk ruangan yang sering dilalui oleh orang atau pintunya sering sekali dibuka dan ditutup, sebaiknya Anda menggunakan AC standard atau bisa juga AC Low Watt.
  • Sedangkan bagi Anda yang sering menghidupkan dan mematikan AC dalam waktu singkat, sebaiknya menggunakan AC Low Watt atau standard.
  • Jika Anda ingin menggunakan AC dalam waktu lama (sekitar 6 jam lebih) dan jarang dilalui orang atau pintunya dibuka dan tutup (misalnya kamar tidur), bisa gunakan AC Inverter.

Jenis AC yang Paling Irit

Untuk bisa mengatakan AC yang paling irit dilihat dari penggunaannya. Misalnya, AC Low Watt penggunaannya hanya sekitar 2-3 jam dan AC Inverter penggunaannya sekitar hanya 8 jam. Sebaiknya juga AC ditempatkan dalam ruangan yang memang tidak sering pintu dibuka dan tutup. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kinerja dari AC itu sendiri, dan tentu saja agar daya listriknya tidak terbuang sia-sia.

Bhinneka.com sebagai marketplace AC online menjual beragam merek AC dan perlengkapan elektronik lainnya. Anda bisa membelinya disini. Berbagai brand tersedia lengkap Bhinneka, sebab Bhinneka merupakan toko AC terlengkap dan terpercaya di Indonesia.

Bhinneka.com juga memberikan harga yang bersaing dan berbagai promo diskon. Jika Anda ingin mencicil barang kebutuhan, juga bisa dilakukan di Bhinneka dengan cicilan. Cicilan 0% bisa Anda dapatkan dengan kartu kredit, atau bisa juga dengan cicilan konvensional (tanpa kartu kredit). Semua menyesuaikan dengan kenyamanan Anda dalam berbelanja.

Posting Lama ►